Beranda blog

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Kuliah Lapangan di Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3)

0
Foto Bersama Di Kantor DP3 Setelah Kuliah Lapangan

Tanjungpinang (Ilmu Pemerintahan) – Belasan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan FISIP UMRAH bersama dosen pembimbingnya Eki Darmawan,M.I.P, melaksanakan Kuliah Lapangan di Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) di Jalan Riau, Nomor 15. Senin (26/3).

“Petanian, Pangan dan Perikanan masuk dalam materi pelajaran pada Mata Kuliah Politik Kelautan Khususnya permasalahan Prikanan dan Nelayan, kita ingin berdiskusi langsung mengenai program yang ada dari DP3, berdialog menambah pembelajarn baru dan mengaplikasikan ilmu terapan yang sudah diberikan di Kampus”. Ujar Eki memulai jalannya diskusi.

Dalam keterangannya, pihak DP3 menjelaskan alat bantu ikan sejak tahun 2016 dan 2017 telah dihentikan karena terbentur Permendagri No 14 Tahun 2016 tentang dana hibah bansos, Kelompok nelayan juga mesti berbadan hukum,atau tergabung dalam koperasi minimal harus sudah koprasi yang berdiri 3 tahun.

“Sekarang untuk kelompok – kelompok nelayan yang berbentuk koperasi atau lainnya harus berbadan hukum, kami tentu tetap merangkul nelayan kecil untuk mendapatkan bantuan seperti jaring apollo, perahu nelayan yang memiliki mesin 3 GT, dan ditingkat pusat telah mencanangkan Kartu Pelaku Usaha dan Perikanan sesuai PermenKP/39/2017”. Ucap Siti Marhamah selaku Seksi Bidang perikanan dan tangkap di DP3.

Dalam diskusi juga disampaikan bahwa DP3 telah memiliki daftar kelompok nelayan yang telah berbadan hukum sejak tahun 2016, syarat awal pembuatan asuransi nelayan harus memiliki kartu nelayan. Untuk saat ini, kartu nelayan telah disosialisasikan dan diberikan kepada masyarakat yang benar – benar bekerja sebagai nelayan.

Buyung Pribadi yang juga seksi Bidang Perikanan Tangkap di DP3 ikut menjelaskan, bahwa wewenang tersebut telah berpindah ke Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri. Sosialisasi telah berjalan sejak tahun 2016 agar masyarakat tidak kebingungan untuk mendapatkan bantuan, dalam hal koperasi nelayan telah diserahkan kepada dinas koperasi.

“Koordinasi dengan DKP Provinsi berjalan baik, teknisnya untuk menyampaikan persoalan kita melalui surat, namun untuk hal kewenangan dan pelaporan langsung ke DKP Provinsi”. Ungkap Buyung. (*).

Tim Debat IP Raih Juara II dalam Kompetisi DEBAT Se-Pulau Bintan

0

Tanjungpinang (Ilmu Pemerintahan) –  Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Meraih Juara II dalam Kompetisi Debat Demokratis (Dekratis) yang diadakan Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji bersama Kantor Berita Antara, dengan Tema “Menuju PILKADA Partisipatif dan Demokratis”, Pada Hari Kamis (22/03).

Mahasiswa yang mewakili Prodi IP dalam ajang Debat tersebut ialah Angela Sarina Simbolon, Herlyansyah, dan Tisa. Selain mendapatkan Juara II, Tim Debat IP Juga Meraih Predikat The Best Speaker yang diraih oleh Angela Sarina Simbolon. Kompetisi Debat Demokratis ini di ikuti oleh Perguruan Tinggi se-Pulau Bintan dimana setiap 1 tim terdiri 3 orang, Perguruan Tinggi yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi dekratis yaitu terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji mengirim utusan 1 Tim, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman (STAIN SAR) mengirim utusan 1 Tim, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) mengirim utusan 1 Tim, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ulum (STAI MU) mengirim utusan 2 tim, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengirim utusan 5 tim yaitu 1 tim program studi Hubungan Internasional (HI), 1 tim program studi Ilmu Hukum, 2 tim program studi Ilmu Administrasi Negara(IAN), 1 tim program studi Ilmu Pemerintahan (IP).

“Dekratis sendiri di ambil dari kata _descartes_ salah satu filsuf Yunani ada gium yang di sampaikan _Cogito Ergo Sum_ artinya yaitu Aku Berfikir Maka Aku Ada,” Kata Pery Rehendra Sucipta sebagai Ketua Panitia sekaligus merupakan salah satu Dosen di Program Studi Ilmu Hukum itu sendiri.

“Targetnya sangat sederhana yaitu, mengurangi angka golput di kalangan mahasiswa dan sedang mengkampanyekan bagaimana mahasiswa berperan aktif mewujudkan pilkada yang partisipatif dan demokratis,” tutur Perry kembali.

Kompetisi dekratis ini bekerjasama dengan Laboratorium Hukum – UMRAH, Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA – Biro Provinsi Kepulauan Riau,  Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara – Hukum Administrasi Negara (APHTN – HAN).

Kompetisi debat di kalangan mahasiswa setiap mosi akan ada diskusi khususnya tentang mosi, dan mosi itu di atur sedemikian rupa sampai dengan mosi final itu adalah berkaitan dengan pilihan golput sebagai hak konsnya warga negara, setelah itu nanti ada perdebatan disana hingga diskusi, supaya di kalangan mahasiswa mosi itu kemudian di angkat menjadi tontonan bersama sekaligus mensosialisasikan pilkada yang partispatif dan demokratis serta menjadi bagian edukasi demokrasi ke depan.

Sistem pengguguran tim dengan score, jika score lebih rendah dari tim lawan tentu akan gugur, salah satu juri di babak final merupakan bu Dewi komisioner KPU dan Pak Zaini komisioner PANWASLU, serta ada Sekretaris LP3M UMRAH sekaligus dosen Ilmu Administrasi Negara yaitu Bapak Alfiandri dan dari Jurnalistik Antara yaitu ada pak Nico. Kompetisi berlangsung hingga sore hari untuk mengetahui juara-juara Debat Demokratis. Pengumuman sang juara pun diumumkan dihari yang sama.

Melalui sistem seleksi gugur Tim Debat dari Prodi IP Berhasil masuk babak Perempat Final dan melenggang maju ke Final bertemu dengan Tim tuan Rumah dari Prodi Ilmu Hukum.

Adapun juara pada kompetisi debat demokratis ini, adalah

Juara I diraih oleh program studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Juara II diraih oleh program studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Juara III di raih oleh STAI MU.

Pada akhir kompetisi dilakukan sosialisasi dan himbauan dari Dewi selaku Komisioner KPU  “Mengajak untuk Peduli Terhadap Pemilu dan Pemilihan” dan terakhir penutupan berlangsung di tutup oleh bu Nanik Rachmawati selaku Wakil Dekan I FISIP, UMRAH. (*)

Program Beasiswa Bank Indonesia

0

Menidaklanjuti Pengumuman Program Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2018, silahkan download link di bawah :

Beasiswa BI 2018

IKA-IP dan HMIP akan Menggelar Dialog Kebangsaan Memperingati Sumpah Pemuda

0

Tanjungpinang (IP.FISIP)- Menyambut hari sumpah pemuda Ikatan Alumni Ilmu Pemerintahan (IKA-IP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, akan melaksanakan kegiatan dialog kebangsaan pada tanggal 26 Oktober 2017 di Gedung Auditorium UMRAH Dompak.

Pada pelaksanaan acara ini, IKA-IP yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HMIP) UMRAH selaku pelaksana mengambil tema “Semangat Sumpah Pemuda dan Semangat Generasi Muda Untuk Mensuksesi Pilkada”.

Eki Darmawan selaku penanggungjawab acara ini mengatakan, acara tersebut akan dimulai pukul 08.30 Wib hingga pukul 12.30 Wib, dimana nantinya beberapa audiens yang memiliki pertanyaan yang dinilai oleh panitia pelaksana akan mendapatkan doorprize berupa buku.

Kegiatan ini di inisiasi oleh Eki Darmawan selaku Wakil Ketua Alumni Ilmu Pemerintahan Fisip UMRAH. Maksud dan tujuannya adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan politik bagi pemuda sampena menyambut hari sumpah pemuda 28 Oktober 2017.

Eki juga menerangkan kegiatan ini dibarengi dengan dialog Kebangsaan tentang “Semangat Sumpah Pemuda dan Semangat Generasi Muda Untuk Mensukseskan Pilkada”. Menurut eki, ” semangat membangun daerah haruslah dimulai dari diri sendiri salah satu bentuknya adalah dengan partisipasi politik dalam pemilu”.

Himpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HMIP) yang diketuai oleh Baginda Raja Ismail ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan ini. Baginda menerangkan bahwa kerjasama dengan alumni adalah hal yang rutin dilakukan HMIP setiap tahunnya di berbagai kegiatan sosial dan kegiatan yang berbau pendidikan lainnya seperti seminar dan salah satunya dialog kebangsaan ini.

“Tahun Lalu kegiatan sosial yang dilakukan bersama alumni adalah kegiatan Donor Darah, kini saat saya menjabat sebagai ketua Himpunan kembali di ajak oleh Kakak-kakak alumni untuk menggelar kegiatan bersama.”papar Baginda.

Sementara Ketua IKA-IP, Askarmin Harun M.Si, berharap dengan pelaksanaan acara, nantinya semangat sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 pada masa lalu terpatri didalam sanubari generasi penerus bangsa masa kini.

“Makna yang tertuang dalam sumpah pemuda terasa sangat mendalam karena berisikan cita-cita pemuda dan pemudi saat itu. Untuk mempersatukan seluruh rakyat dalam bangsa yang satu yaitu Bangsa Indonesia. Melalui Sumpah Pemuda, segenap pemuda-pemudi diajak untuk saling menjaga tanah air Indonesia dalam hal apapun. Semenjak Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Apalagi 2018 Pilkada serentak diseluruh Indonesia akan digelar. Pemuda harus bisa menghayati makna Sumpah Pemuda, agar tidak tercerai berai,” ungkap pengajar Fisip UMRAH ini. (Admin)

HMIP FISIP UMRAH Melaksanakan LDK ke VII

0

Tanjungpinang (IP_UMRAH) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP UMRAH yang dikenal dengan HMIP melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan di Kodim 0315 Tanjungpinang.(24/9)

Acara tersebut dibuka oleh Ketua Jurusa Ilmu Pemerintahan Nazaki,M.Si. Tujuan kegiatan ini ialah untuk menambah wawasan mahasiswa dalam berorganisasi dan dalam menjalankan roda kepemimpinan organisasi.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta yakni pengurus HMIP itu sendiri. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membangun dinamika organisasi yang baik di kampus dan menjadi wadah untuk mensinergikan arah dan tujuan bersama jurusan Ilmu Pemerintahan.

Peningkatan kapasitas pengurus dijadikan alasan penting dilaksanakannya kegiatan ini. Kegiatan ini diisi oleh beberapa Dosen IP, Fokermapi dan Demisioner HMIP periode sebelum-sebelumnya.

Kegiatan Desa Binaan IP FISIP UMRAH

0

Kegiatan Desa Binaan Desa Mantang

Bintan (IP_UMRAH)-Kegiatan Desa Binaan merupakan salah satu program jurusan Ilmu Pemerintahan Fisip Umrah yang bertujuan untuk membina dan membimbing segala aspek terkait permasalahan-permasalahan yang ada di Desa. Maksud dari kegiatan ini ialah untuk melaksanakan salah satu dari Tridarma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan Desa Binaan ini dilakukan di dua Desa yang ada di Kecamatan Mantang yakni Desa Mantang Besar dan Desa Mantang Lama. Pada hari Rabu(27/9), di Aula kantor Camat Mantang Kabupaten Bintan, Jurusan Ilmu Pemerintahan Umrah melakukan salah satu agenda pembinaan Desa tersebut dengan mengadakan diskusi Publik dengan tujuan peningkatan Kapasitas Aparatur dan Perangkat Desa. Acara dibuka langsung oleh Bismar Arianto,M.Si selaku Dekan FISIP UMRAH dan Pilihan,S.H selaku Camat Mantang yang dihadiri oleh Kajur IP beserta dosen-dosen dari IP UMRAH dan juga tentunya aparat Desa dari Kades hingga lembaga kemasyarakatan Desa.

Foto Bersama Kegiatan Desa Binaan Desa Mantang

Peserta Desa Binaan Desa Mantang

Kegiatan yang berlangsung ini sangat memberikan banyak pembelajaran baru dan pemahaman baru bagi perangkat-perangkat Desa yang ada, apalagi dengan dihadirkannya juga Dr.Sutoro Eko,M.Si yang merupakan salah satu dari tim perumus UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Selanjutnya kegiatan tersebut dilanjutkan dengan topik pembahasan yang berbeda yakni peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang dihadiri oleh ketua-ketua dan beberapa anggota BPD.

Kuliah Dosen Tamu IP UMRAH : Desa Membangun Indonesia

0

Kuliah Dosen Tamu

Tanjungpinang(IP_UMRAH) – Desa membangun Indonesia merupakan tema yang di angkat dalam Kuliah Dosen Tamu yang dilaksanakan program studi Ilmu Pemerintahan Selasa,(26/9). Dalam acara ini program studi Ilmu Pemerintahan (IP) menghadirkan pembicara atau dosen tamu dari APMD Yogyakarta dan juga sebagai salah satu perumus UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa yakni Dr. Sutoro Eko,M.Si.

Kuliah Tamu dengan tema Desa ini dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Nazaki,M.Si. Harapan beliau dengan kedatangan Dr.Sutoro disini dapat memberikan pemikiran baru terkait Desa yang kini semakin banyak polemik terkait regulasi yang terbaru.

Peserta Kuliah Dosen Tamu

Antusias dari mahasiswa dan dosen yang hadir juga sangat baik dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi yang terjadi menambah wawasan baru bagi semua yang hadir pada saat itu. Kuliah Tamu ini menjadi lebih berwarna dengan dipandu oleh moderator yang juga salah satu dosen di IP yakni Yudhanto,S.A.,M.A.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Ilmu pemerintahan dilaksanakan di Auditorium UMRAH kampus Dompak.

IP Update