Tim Debat IP Raih Juara II dalam Kompetisi DEBAT Se-Pulau Bintan

0
163

Tanjungpinang (Ilmu Pemerintahan) –  Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Meraih Juara II dalam Kompetisi Debat Demokratis (Dekratis) yang diadakan Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji bersama Kantor Berita Antara, dengan Tema “Menuju PILKADA Partisipatif dan Demokratis”, Pada Hari Kamis (22/03).

Mahasiswa yang mewakili Prodi IP dalam ajang Debat tersebut ialah Angela Sarina Simbolon, Herlyansyah, dan Tisa. Selain mendapatkan Juara II, Tim Debat IP Juga Meraih Predikat The Best Speaker yang diraih oleh Angela Sarina Simbolon. Kompetisi Debat Demokratis ini di ikuti oleh Perguruan Tinggi se-Pulau Bintan dimana setiap 1 tim terdiri 3 orang, Perguruan Tinggi yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi dekratis yaitu terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji mengirim utusan 1 Tim, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman (STAIN SAR) mengirim utusan 1 Tim, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) mengirim utusan 1 Tim, Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul ‘Ulum (STAI MU) mengirim utusan 2 tim, Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) mengirim utusan 5 tim yaitu 1 tim program studi Hubungan Internasional (HI), 1 tim program studi Ilmu Hukum, 2 tim program studi Ilmu Administrasi Negara(IAN), 1 tim program studi Ilmu Pemerintahan (IP).

“Dekratis sendiri di ambil dari kata _descartes_ salah satu filsuf Yunani ada gium yang di sampaikan _Cogito Ergo Sum_ artinya yaitu Aku Berfikir Maka Aku Ada,” Kata Pery Rehendra Sucipta sebagai Ketua Panitia sekaligus merupakan salah satu Dosen di Program Studi Ilmu Hukum itu sendiri.

“Targetnya sangat sederhana yaitu, mengurangi angka golput di kalangan mahasiswa dan sedang mengkampanyekan bagaimana mahasiswa berperan aktif mewujudkan pilkada yang partisipatif dan demokratis,” tutur Perry kembali.

Kompetisi dekratis ini bekerjasama dengan Laboratorium Hukum – UMRAH, Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA – Biro Provinsi Kepulauan Riau,  Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara – Hukum Administrasi Negara (APHTN – HAN).

Kompetisi debat di kalangan mahasiswa setiap mosi akan ada diskusi khususnya tentang mosi, dan mosi itu di atur sedemikian rupa sampai dengan mosi final itu adalah berkaitan dengan pilihan golput sebagai hak konsnya warga negara, setelah itu nanti ada perdebatan disana hingga diskusi, supaya di kalangan mahasiswa mosi itu kemudian di angkat menjadi tontonan bersama sekaligus mensosialisasikan pilkada yang partispatif dan demokratis serta menjadi bagian edukasi demokrasi ke depan.

Sistem pengguguran tim dengan score, jika score lebih rendah dari tim lawan tentu akan gugur, salah satu juri di babak final merupakan bu Dewi komisioner KPU dan Pak Zaini komisioner PANWASLU, serta ada Sekretaris LP3M UMRAH sekaligus dosen Ilmu Administrasi Negara yaitu Bapak Alfiandri dan dari Jurnalistik Antara yaitu ada pak Nico. Kompetisi berlangsung hingga sore hari untuk mengetahui juara-juara Debat Demokratis. Pengumuman sang juara pun diumumkan dihari yang sama.

Melalui sistem seleksi gugur Tim Debat dari Prodi IP Berhasil masuk babak Perempat Final dan melenggang maju ke Final bertemu dengan Tim tuan Rumah dari Prodi Ilmu Hukum.

Adapun juara pada kompetisi debat demokratis ini, adalah

Juara I diraih oleh program studi Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Juara II diraih oleh program studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Maritim Raja Ali Haji

Juara III di raih oleh STAI MU.

Pada akhir kompetisi dilakukan sosialisasi dan himbauan dari Dewi selaku Komisioner KPU  “Mengajak untuk Peduli Terhadap Pemilu dan Pemilihan” dan terakhir penutupan berlangsung di tutup oleh bu Nanik Rachmawati selaku Wakil Dekan I FISIP, UMRAH. (*)